Skip to content

Makanan Khas Bali dan Penjelasannya Terlengkap

Ayam Betutu Men Tempeh

Pulau Dewata menyimpan beragam jenis masakan khas nusantara yang sangat lezat rasanya. Tidak hanya wsiatawan lokal saja yang tergoda, para turis asing pun tergiur dengan kenikmatan sajiannya. Resto yang menjajakan makanan tersebut sangat mudah ditemui di pinggiran kota. Tak jarang juga banyak yang mempelajari cara membuat makanan khas Bali dan penjelasannya untuk dicoba sendiri. Namun bagi yang kurang mahir memasak, masih bisa mencoba dengan datang langsung ke pulau yang terkenal akan keindahan pantai Kuta ini.

Berapa banyak kocek yang harus dikeluarkan untuk bisa makan enak di Bali? Bagi para traveller pasti sudah tidak asing dengan beberapa tempat yang menyajikan makanan khas Bali dan penjelasannya berbudget minimalis. Tidak harus ke resto mewah untuk dapat mencicipinya, warung pinggiran pun banyak yang menjualnya dengan rasa yang tak kalah lezatnya. Berliburan kesini jelas sangat menyenangkan. Selain pilihan rekreasinya cukup banyak, pusat oleh-oleh lengkap, juga bisa berwisata kuliner sepuasanya. Inilah mengapa banyak wisatawan yang datang kesini setiap tahunnya dan tak pernah bosan untuk kemBali lagi.

10 Rekomendasi Makanan Khas Bali dan Penjelasannya

Hidangan khas Bali sangat identik dengan rasa pedas dan rempah yang begitu menyengat sehingga rasanya sangat kuat. Meski begitu, lidah orang indonesia dan luar negeri dapat menyesuaikannya dan merasa ketagihan. Selain berburu oleh-oleh, makanan khas Bali dan penjelasannya juga tak luput dari sasaran para traveller. Beberapa blogger pun rajin mencari kuliner di Pulau Dewata karena penyajiannya yang unik. Jika penasaran dengan jenis masakan apa saja yang wajib dicoba, berikut adalah ulasan ringkasnya.

  1. Ayam Betutu Men Tempeh

Ayam Betutu menjadi hidangan wajib bagi para pelancong yang berlibur ke Pulau Dewata. Dan salah satu yang sangat direkomendasikan adalah Ayam Betutu Men Tempeh. Tempat ini masih menjaga otentisitas rasa dengan penyajiannya yang cukup unik. Nasi putih, plencing kangkung, serta sambalnya sengaja dipisah. Porsinya pun cukup besar, jika untuk dimakan dua orang sebaiknya pesan setengah ekor saja. Ayam Betutu Men Tempeh berlokasi di Gilimanuk kabupaten Jembrana dan buka setiap hari pukul 07.00-22.00 WIB. Untuk pemesanan, silahkan telepon ke 0852-3844-4335.

  1. Babi Guling Pak Malen

Keragaman makanan khas Bali dan penjelasannya membuat pulau ini cukup diminati oleh wisatawan dari seluruh penjuru nusantara dan luar negeri. Babi guling mungkin menjadi makanan yang dapat ditemukan dengan mudah dimana-mana, namun berbeda dengan yang disajikan di resto Pak Malen sangat khas terutama dalam hal cita rasanya. Selain itu, rumah makan ini juga menyajikan hidangan lain dari olahan babi. Jika ingin mampir ke tempat tersebut, langsung saja ke Jalan Sun Set Road Seminyak Kuta. Babi Guling Pak Malen buka setiap hari mulai pukul 08.30-18.30 WIB. Untuk mengetahui menu apa saja yang dijual di resto tersebut, kunjungi website resminya di https://babi-guling-pak-malen.business.site/ atau telepon ke 0851-0045-2968.

  1. Sate Plecing Arjuna

Jika jalan-jalan ke Denpasar, jangan lupa untuk mampir sebentar ke warung yang berada di pojokan Jalan Arjuna Denpasar Utara. Kekhasan dari sate ini terletak pada sambalnya yang sangat nikmat dengan tambahan terasi dan bumbu dapur lainnya. Sekilas makanan khas Bali dan penjelasannya ini tidak ada bedanya dengan sate Madura. Namun saat dicoba, rasanya benar-benar otentik dan tidak bisa ditemukan di tempat lain. Satu porsi menu ini dibanderol dengan harga 13 ribu rupiah. Sate Plecing Arjuna buka setiap hari mulai 09.00-16.30 WIB. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya, buka saja situs resminya di https://sate-plecing-arjuna.business.site/ atau kontak telepon 0878-6778-9002.

  1. Sup Ikan Warung Mak Beng

Warung Mak Beng menjadi salah satu resto legendaris di Bali yang menyajikan hidangan Sup Ikan. Kelezatanya sudah terkenal diantara para wisatawan. Makanan khas Bali dan penjelasannya ini dijual dengan harga yang cukup ekonomis dan cocok sebagai hidangan untuk ramai-ramai. Selain sup ikan, masih banyak menu lainnya yang dijual di resto yang buka setiap hari mulai pukul 08.00-22.00 WIB. Lokasinya berada di jalan Hang Tuah Sanur Denpasar Selatan. Jika ingin melakukan reservasi, bisa kunjungi websitenya di https://warung-mak-beng.business.site/ atau telepon saja ke (0361) 282633. Tempat makan ini cocok bagi wisatawan yang menyukai Sea food. Perpaduan resep rahasia khas Bali membuat masakan yang disajikan memiliki citarasa yang sangat istimewa.

  1. Gula Bali The Joglo

Salah satu warisan kuliner khas Bali yang masih terpelihara sampai saat ini adalah Rujak Gula Bali. Para pelancong biasanya membeli bumbunya saja yang dikemas dalam botol tanpa menggunakan bahan pengawet sama sekali. Rasanya perpaduan antara manis, asam, dan pedas. Apabila ingin merasakan kesegaran rujak khas Pulau Dewata ini, mampir saja ke The Joglo yang beralamat di Jalan Merdeka II No.9 Kota Denpasar. Resto tersebut buka setiap hari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Pemesanan Gula Bali yang masuk dalam Daftar makanan khas Bali ini bisa dengan menelepon layanan pelanggan di nomor (0361) 4745562 atau ke website resminya di https://gula-Bali-the-joglo.business.site/.

Gula Bali The Joglo

  1. Nasi Campur Kedaton Kuta

Nasi campur merupakan salah satu makanan khas Bali dan penjelasannya yang cukup digemari oleh wisatawan mancanegara. Selain nasi, hidangan tersebut juga dilengkapi dengan sate lilit, salad, sambal matah, dan lain-lain sesuai dengan keinginan. Resto yang cukup terkenal akan menu nasi campurnya adalah Kedaton Kuta yang berlokasi di Jalan Raya Kuta Badung. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-21.00 WIB. Reservasi bisa dilakukan secara online dengan mengunjungi website resminya di https://rumah-makan-kedaton-restaurant.business.site/ atau telepon ke (0361) 763712.

  1. Sate Lilit Warung Men Weti

Di Bali banyak warung yang menyajikan nasi campur, sate lilit, serta makanan khas Bali dan penjelasannya lainnya. Dan salah satu yang direkomendasikan adalah warung Men Wati. Berada di pinggiran sanur Denpasar, tempat makan ini sangat ramai dikunjungi saat musim liburan. Meski cukup sederhana lokasinya, namun hidangan yang disajikan tak kalah lezatnya. Warung Men Wati buka setiap hari 08.00-12.00 WIB. Info lebih lengkapnya bisa kunjungi website di https://warung-nasi-Bali.business.site/ atau telepon 0853-3850-9922.

Jika ingin mencoba semua rekomendasi makanan khas Bali dan penjelasannya yang disebutkan diatas, maka wisatawan harus meluangkan waktu untuk berkeliling pulau Dewata. Solusi agar bisa sampai tujuan dengan aman adalah dengan menggunakan jasa rental mobil di Bali. Sesuaikan saja jenis kendaraan dengan kebutuhan dan pastinya harga rental yang ditawarkan sangat terjangkau.